Kamis, 09 Juli 2020

Nulis dan Ngeblog itu Seru lho

Perjalanan ini dimulai saat mbak Maria membuat status tentang kelas Nulis dan Ngeblog di FB. Untungnya aku segera tulis komentar mau ikutan kelasnya. Akhirnya aku pun resmi ikut kelas Nulis dan ngeblog di WAG yang dipandu oleh mbak Maria dan Kak Irai.

Aku mikir awalnya kelas Nulis dan ngeblog nya ya seperti biasa biasa, ternyata luar biasa isi materinya. Lengkapp dan jelass. Yang lebih menarik lagi, WAG ini benar benar hidup kelasnya. Setiap anggota grup mengikuti kelas dengan penuh semangat. Aku pun ikutan bersemangat. 

Nah, saranku nih. Kelas Nulis dan Ngeblog ini kalau bisa sih, jangan berakhir sampai disini dulu. Heheehee...

Terimakasih yaa atas semua ilmunya. 
Terimakasih sudah mau baca tulisan tulisan di blog baru bikin ini. Semoga ilmu ini manfaat. Untuk teman-teman semua, tetap semangat menulis yaa. Belajar lagi dan lagi.
Terimakasih sudah mau follow blogku. 😁😁

Rabu, 08 Juli 2020

Selamat Jalan Kawan

Tunai sudah segala tugasmu sebagai Khalifah di muka bumi ini.
Sesak di dada mengingat segala kebaikan mu, Selamat Jalan Kawan, Selamat Jalan Pahlawan Pendidikan.
Teriring doa untukmu menuju keabadian.

Gresik, 8 Juli 2020

Selasa, 07 Juli 2020

Yuk Belajar Mereview

Kali ini, saya akan mencoba mengkoreksi dan mereview tulisan dari :



Saya pun masih belajar, sehingga hasil koreksi ini semoga bisa diterima dengan lapang dada.

_________________________

Hello semua, salam sehat dan bahagia. Maafkan baru sempat menulis lagi di tengah - tengah kesibukan rutinitas saya sehari-hari.

Ada yang menggelitik hati ini, sejak minggu lalu saya bergabung dengan WAG "Nulis dan Ngeblog Itu Asyik". Grup belajar itu dipimpin oleh 2 orang guru yang profesional di bidangnya, yaitu tulis-menulis dan membuat blog.

Beliau adalah Cikgu Maria Magdalena dan Kak Irai dengan nama lengkap Raihana Mahmud. Saya sungguh beruntung dapat mengenal beliau berdua dan diijinkan bergabung di grup ini.

Dalam proses belajar membuat blog,  ada sesi mereview atau mengulas blog teman-teman dalam satu grup. Mungkin terlalu awal bagi saya yang baru saja lahir di dunia blogger untuk menilai tulisan teman-teman senior yang lebih dulu mengenal bidang ini. 


Rasanya seperti memiliki gadget Doraemon's Anywhere Doors. Saya harus mengunjungi blog mereka satu-persatu dan membaca tulisannya. Semuanya keren dengan gaya penulisan mereka sendiri. Saya sangat kagum dibuatnya!  Inilah yang disebut dengan istilah blog-walking. Istilah yang baru saja saya dengar di lebih setengah abad hidup saya! Fantastik bukan?  


Setelah saya mengikuti jalan-jalan virtual di tengah pandemi Corona yang menyeramkan ini. Ada satu blog yang membuat saya terpingkal geli saat membacanya. Blog itu milik Mbak Fey McFayden seorang istri dan juga ibu dari 2 orang anak. Anak-anaknya yang cantik dan ganteng blasteran Indo-Scotland😍. 

Awal saya mengunjungi blognya di https://cjfamilylife.blogspot.com/?m=1

Ada kehangatan saat dia menceritakan keluarga kecilnya. Runut dan detail memperkenalkan satu-persatu anggota keluarganya.

Cerita dia lainnya adalah tentang https://cjfamilylife.blogspot.com/2020/06/balada-telur-asin-dan-belimbing-air.html. Ini yang membuat saya tertawa geli karena salah berintonasi dalam mendeskripsikan gelas belimbing yang di Indonesia menjadi takaran pembuatan resep masakan😁. 

Dia menulisnya seperti ini: 5 gelas belimbing air putih.  Saat membaca kalimat ini, timbul 2 persepsi yaitu banyaknya air putih sejumlah 5 kali gelas belimbing dan lainnya adalah 5 gelas perasan air dari belimbing putih😁.

Pokoknya saat saya membaca tulisan  Balada Telur Asin dan Belimbing Air Putih di blognya. Hal ini membuat hari saya begitu menyenangkan. Terimakasih ya Mbak Fey, lain kali saya akan mengunjungi blog ini lagi.

_____________________

Demikian hasil koreksi saya, semoga berkenan. Saya pun masih belajar di dunia tulis menulis ini.

Minggu, 05 Juli 2020

Sekilas tentang Buku Cerdas Berkarya

Selama masa pandemi ini, aku berusaha untuk mengisi waktu luang dengan mengikuti beberapa pelatihan kepenulisan. Salah satu buku yang ku baca adalah buku Cerdas Berkarya karangan ibu Istiqomah Almaky. Di buku ini banyak dituliskan panduan panduan kepenulisan dari bagaimana cara kita menulis karya ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah dan juga Best Practise. 

Buku setebal 197 halaman ini menjadi buku pegangan saat aku mulai mengerjakan proyek buku tunggal milikku, yang berjudul Belajar Menyimak melalui Lagu Anak. Alhamdulillah setelah melalui proses yang cukup panjang. Buku tunggalku pun sudah siap cetak. Ini mengandung promosi yaa. Buku tunggal perdana yang bisa dipesan melalui aku secara langsung ;).



Buku Cerdas Berkarya ini sangat mudah dipahami. Setiap penjelasan diberikan contoh sehingga pembaca bisa langsung menerapkan ilmu yang didapatkan secara langsung. Bagi guru maupun mahasiswa yang saat ini sedang melakukan proses penelitian maupun penulisan buku teks. Bisa menggunakan buku Cerdas Berkarya ini sebagai salah satu sumber.




Ilmu yang Manfaat dari Blog walking



Ilmu yang manfaat itu bisa berasal dari mana saja sumbernya. Tidak terkecuali saat hari ini aku melakukan blog walking ke https://dhapuresshi.blogspot.com. Di blog ini, aku menemukan bagaimana seorang ibu bisa menemukan solusi bagaimana cara mengatasi anak yang sedang jatuh sakit. 

Di dalam artikel yang dituliskan, ada banyak ilmu tentang pengobatan yang menggunakan bahan bahan alami. Aku tertarik dengan blog ini karena aku juga memiliki anak anak yang bisa jadi imunitas nya naik turun dikarenakan faktor eksternal, seperti halnya anak-anak yang susah tidur siang ataupun anak anak yang sedang susah makan. Jadi aku sangat bersyukur bisa menemukan artikel yang sangat bermanfaat seperti ini. 

Gaya penulisan yang mengalir, membuat pesan yang ada di dalam artikel ini bisa sampai kepada pembaca. Aku pun dapat dengan mudah memahami apa yang perlu aku lakukan apabila aku mengalami kesulitan yang sama. Karena seperti yang kita ketahui bahwa anak anak sangat rentan terhadap penyakit. Apalagi kalau mereka sedang drop imunnya. 

Ada beberapa poin penting yang aku dapatkan di dalam blog ini, yaitu antara lainnya adalah :
1. Anak anak harus tidur siang dan makan sayuran dan buah-buahan.
2. Saat anak sakit jangan panik.
3. Selalu sedia camilan sehat untuk pengganti makanan saat sewaktu waktu anak anak tidak nafsu makan.
4. Selalu siap multi vitamin anak.
5. Paracetamol harus ada di kotak P3K.
6. Bahan bahan herbal semacam kunyit dan jahe harus ada di dapur.

Terimakasih ya mbak atas ilmunya yang luar biasa. Terimakasih sudah berbagi, ditunggu ilmu ilmu yang lainnya. 

Semoga anak anak kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT, Aamiin Ya Robbal Alamiin

Yang ingin tahu bagaimana artikel aslinya bisa meluncur ke link url berikut yaaa ....

https://dhapuresshi.blogspot.com/2020/07/ketika-yang-tersayang-jatuh-sakit-kudu.html?m=1

Jumat, 03 Juli 2020

Belajar Dari Rumah




Berbicara mengenai pendidikan anak usia dini tidak akan pernah ada habisnya. Terutama bagaimana cara memfasilitasi mereka belajar di rumah seperti saat pandemi sekarang ini. Kegiatan Belajar di Rumah yang digaungkan oleh Kemendikbud sejak awal Maret 2020 ini menjadi titik awal bagaimana cara tenaga pendidik dan lembaga pendidikan di seluruh Indonesia mencari cara yang tepat dan cermat agar pelayanan pendidikan terhadap peserta didik mereka tetap berjalan semaksimal mungkin.

Belajar Dari Rumah biasa disingkat BDR merupakan hal baru bagi kebanyakan masyarakat. Akan tetapi hal ini menjadi salah satu pilihan yang tepat dilakukan semasa pandemi, agar anak anak tetap mendapatkan ilmu pengetahuan meskipun mereka berada di tengah keluarga. Saat ini, keluarga merupakan faktor utama yang menjadi faktor berhasilnya program Belajar Dari Rumah.
 
Lembaga Pendidikan dan juga semua tenaga pendidik saat ini sedang berbenah, bagaimana memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik lagi dibandingkan dengan awal masa pandemi di akhir semester dua kemarin di tahun ajaran 2019/2020. 
Pendidik diharapkan aktif dalam mengembangkan segala macam ilmu pengetahuan yang mereka miliki dan tetap bisa menjalankan fungsinya sebagai tenaga pendidik yang profesional. 

Saat ini, begitu banyak webinar yang diadakan oleh banyak lembaga tinggi pendidikan yang memuat materi tentang bagaimana cara tenaga pendidik bisa menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan proses pembelajaran selama masa pandemi ini. Tenaga pendidik mendapatkan ilmu yang luar biasa banyak dan berlimpah yang bisa diaplikasikan kepada proses pembelajaran di Tahun ajaran baru 2020/2021 nanti.

Begitu pula tenaga pendidik yang berada di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Mereka saat ini sedang mempersiapkan bagaimana cara memfasilitasi anak didik selama Belajar Dari Rumah dengan sebaik baiknya. Banyak hal baru yang harus diserap dengan cepat dan juga dipahami dengan sesegera mungkin. Inovasi dan kreativitas sangatlah penting. Berbagai macam skenario pembelajaran sudah disiapkan. Keberhasilan pendidikan sangatlah bergantung pada kolaborasi yang sangat solid dan positif antara guru dan orang tua siswa. 

Guru mempersiapkan segala skenario pembelajaran, Orangtua sebagai partner guru dalam mendampingi dan mendukung anak mengerjakan skenario pembelajaran yang sudah disiapkan. 

Ada beberapa skenario pembelajaran yang bisa dilakukan oleh orangtua yang memiliki anak usia dini, antara lain:
Memperkenalkan Aktivitas Gemar membaca
Membaca bagi anak usia dini ada tahapannya. Mulai mengenal huruf, mengenal suku kata, mengenal kata, mengenal kalimat dan juga memahami kalimat. 

Nah, sekarang kita coba 1 aktifitas yang bisa dikerjakan bersama (orangtua dan anak). 
Orangtua bisa memilih tema apa yang akan dikenalkan kepada anak.  Kita ambil contoh tema : kesukaanku.
Orangtua membuat daftar kosakata yang akan dikenalkan kepada anak sesuai tema.
Orangtua memberikan label di barang barang kesukaan anak. Anak dan Orangtua bersama sama menempelkan label yang sudah dibuat di barang barang kesukaan anak. Bisa dicoba untuk menempel di 5 benda dulu. Ajaklah anak mengenali huruf yang ada di label tersebut. Apabila ingin lebih lanjut lagi, ajaklah anak anak menuliskan huruf huruf yang ada di label tadi di kertas atau buku tulis yang sudah disiapkan.
Kegiatan ini bersifat pembiasaan. Jadi akan lebih efektif apabila setelah mengenal 5 kata benda, dilanjutkan dengan 5 kata yang lainnya.

Ada lagi satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak anak di rumah, yaitu membuat kreasi berbahan dasar koran atau majalah bekas. Anak anak bisa diajak membuat kalung berbahan dasar koran atau majalah bekas. Kegiatan ini mudah dilakukan dan sifatnya menyenangkan. Anak anak bisa belajar berhitung dan juga belajar menggulung kertas dengan rapi. Segala aspek perkembangan anak usia dini muncul pada kegiatan ini. Anak bisa bercerita tentang bagaimana proses pembuatan kalung ini, anak bisa memberikan hasil kreasi ini ke adiknya sehingga kemampuan sosial emosionalnya pun nampak.

Masih banyak lagi kegiatan yang menyenangkan yang bisa dilakukan bersama dengan anak selama proses belajar dari rumah ya ...

Selamat mencoba 
Selamat Belajar Dari Rumah

Ardhiana Yoghi Savitrie, M.Pd
Kepala TK Muslimat NU 254 Nurul Ishlah 
Kepala Rumah Belajar Al Fajr Indonesia


Kamis, 02 Juli 2020

Let's Learn Fun English (Parts of the Body)

Video pembelajaran bahasa inggris menggunakan animasi kali ini mengambil tema Parts Of The Body. Semoga video pembelajaran ini bermanfaat bagi anak anak. 

Beberapa tema untuk video selanjutnya sudah disiapkan, semoga segera bisa terselesaikan dan bisa digunakan sebagai bahan belajar anak anak selama masa pandemi ini.

Selamat menikmati dan please subscribe, like and share yaa, tidak bisa komentar karena materi masuk ke YouTube for Kids.


Cinta Yang Tak Bertepi

 Senja pun datang menjelang Kala kau masih ada di angan Tak terpikirkan olehku Bibirku kelu bahkan tak mampu mengucap namamu Betapa hari dem...